Bantu Wujudkan Rumah Layak Huni Untuk Lansia Dhuafa Penjaga TK


JemberNamanya Ali Witono usianya kini sudah 53 tahun. Sehari-hari oleh warga setempat biasa dipanggil pak Jak. Ia bertempat tinggal di Kelurahan Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kab. Jember. Profesinya sebagai penjaga TK ABA 1 Rambipuji. Bekerja full dari pagi sampai siang mulai hari senin hingga sabtu. Sebagai penjaga TK penghasilan pak Jak pun tak seberapa hanya 200 ribu per bulan. Penghasilan segitu jelas tidak mencukupi untuk menghidupi keluarganya.

Pak jak tinggal bersama istri dan kedua anaknya yang masih kecil. Masing-masing berumur 11 tahun (mujiati) dan 9 tahun (juwasih). Untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, selain berprofesi sebagai penjaga TK, Pak Jak juga menjadi tukang becak serta kadang-kadang bekerja serabutan. Pak Jak dan sekeluarga juga tinggal di rumah yang kurang layak huni.

kondisi ruang tengah

Keluarga pak jak tinggal di lahan milik orang. Pak Jak menuturkan dulunya ia memang bukan asli daerah situ tapi dari Bajulmati, Banyuwangi. Lantas pindah bersama keluarga di Jember. Sejalan dengan waktu, oleh seorang warga ia kemudian diperbolehkan untuk mendirikan rumah di lahan tersebut hingga saat ini.

Kondisi ruang dapur
Kamar mandi

Meski begitu, rumah yang ditempati oleh pak Jak jauh dari kata layak huni. Terdiri dari ruang dapur, 2 kamar, 1 kamar mandi tanpa WC, dan ruang tamu yang hanya ada dipan tempat tamu duduk. Dinding rumahnya terbuat dari anyaman bambu yang sudah memiliki lubang menganga lebar beberapa ada yang sudah tidak berdiri tegak. Tiang-tiang penyangganya mulai menghitam dan banyak di makan rayap. Sedangkan lantainya hanya beralaskan tanah. Tiap kali musim penghujan tiba atap rumahnya pasti bocor. Parahnya, di belakang rumah ada aliran sungai yang jika debit airnya naik pasti akan membanjiri ruang dapur.

Bantu pak Jak memiliki rumah yang layak huni dengan menyalurkan donasi infaq dan shadaqah Anda dengan cara:

1. Datang langsung ke kantor Lazismu Jember di Jl. Bondoyudo No. 11 atau;
2. Transfer melalui,

    Bank Syariah Mandiri : 99398 2 16 00 0 00000
    Bank Muamalat Indonesia : 
76640 2 16 00 0 00000
    an. Infaq LAZISMU Kab Jember

Selengkapnya, cek no. rekening virtual account di sini
Konfirmasi atau Jemput Donasi ke:

Hotline (WA Only): 0812-3200-0995
Bantu Wujudkan Rumah Layak Huni Untuk Lansia Dhuafa Penjaga TK Bantu Wujudkan Rumah Layak Huni Untuk Lansia Dhuafa Penjaga TK Reviewed by Lazismu Jember on Desember 10, 2019 Rating: 5

Related Posts No. (ex: 9)