Safari Ramadhan Amil Zakat LAZISMU bersama Team PD. Muhammadiyah Jember (2)

Dalam kelanjutan Safari Ramadhan 1437 H pada hari Rabu sd Sabtu (15 sd 18 Juni 2016), Team Lazismu Jember bersama Team PD. Muhammadiyah Kabupaten Jember bergerak kedaerah Cabang Muhammadiyah di Jember Selatan dan Barat, tepatnya di PC. Muhammadiyah Tempurejo, PC. Muhammadiyah Gumelar, PC. Muhammadiyah Cakru dan PC. Muhammadiyah Rowotengah pada sore hari dengan agenda dan kegiatan yang sama yaitu Silaturohim, serap informasi, serta buka puasa bersama hingga sholat Tarawih Bersama.
Team Lazismu Jember Safari Ramadhan di PCM Tempurejo
Team Lazismu Jember Safari Ramadhan di PCM Tempurejo
Safari Ramadhan di PC. Muhammadiyah Tempurejo
Rabu, 15 Juni 2016, bertempat di Masjid PR. Andongsari Kec. Tempurejo, pelaksanaan Safari RAmadhan PD. Muhamamdiyah Jember kali ini bersamaan dengan Lounching keberadaan UPZ Lazismu Tempurejo, yang dikondoi oleh Yusuf.
Safari Ramadhan di PCM Tempurejo
Safari Ramadhan di PCM Tempurejo

Begitu dibentuk, Lazismu Tempurejo langsung menggebrak dengan membuat program pemberian kafalah bagi Guru Ngaji se PCM. Tempurejo yang direncanakan diperuntukkan bagi 50 Guru Ngaji serta penyaluran zakat fitrah dan bakti sosial bersama Lazismu Jember yang akan dilaksanakan pada Hari Senin, 27 Juni 2016 di Desa SanenRejo Tempurejo, desa diujung barat selatan Kec. Tempurejo yang terpencil dan harus melalui kebun karet PTPN.

Dalam sambutannya Direktur Lazismu Jember, Abdul Khamil menyampaikan, "UPZ Lazismu Tempurejo, langkah awal dan pertama adalah aksi dulu, lakukan penggalangan sebanyak mungkin, gunakan potensi yang ada, kearifan lokal yang selama ini dilakukan dalam penggalangan dana ke warga dan simpatisan Muhammadiyah dalam setiap akan melaksanakan berbagai kegiatan, nantinya secara bertahap bisa juga mengadopsi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Lazismu Jember".

Safari Ramadhan di PC. Muhammadiyah Gumelar
Kamis, 16 Juni 2016 Safari Ramadhan dilaksanakan di Masjid Muhammadiyah Gumelar yang terletak di desa Gumelar dan dipinggir jalan menuju Kec. Balung. Berbeda dengan di Tempurejo, sebenarnya Lazismu di Cabang Gumelar sudah ada sejak lama, "setidaknya lima tahun terakhir, Lazismu PCM. Gumelar sudah terbentuk namun kegaitannya belum ada", kata Farid selaku yang diberi amanah untuk mengelola UPZ Lazismu Gumelar.
Safari Ramadhan di PCM Gumelar
Safari Ramadhan di PCM Gumelar

"Perlu langkah pertama untuk langkah-langkah selanjutnya pak, kumpulkan data alamat warga dan simpatisan Muhammadiyah, tidak harus komplit setidaknya ada 20 nama, nomor hp dan alamat lengkap, lalu kumpulkan anak-anak muda usia SMP hingga lulus kuliah, beri mereka surat, pembekalan sebentar, kemudian langsung terjunkan ke warga-warga, door to door, menyampaikan bahwa mereka mewakili UPZ Lazismu Gumelar untuk mengumpulkan Zakat, Infaq & Shadaqah Warga dan simpatisan Muhammadiyah Gumelar". Kata Abdul Khamil dalam pengarahannya.

"Jangan menunggu banyak, atau ada donasi besar untuk bergerak, yang penting itu gerak saja dulu, baru perbaiki sistemnya tahap demi tahap, catat penerimaan dan pengeluarannya setiap transaksi, selebihnya nanti bisa belajar lagi, atau jika perlu, kirim pasukan muda ke kantor Lazismu Jember akan kita training singkat" ujarnya lagi.

Safari Ramadhan di PC. Muhammadiyah Cakru
Keberadaan UPZ Lazismu Cakru sebenarnya sejak awal tahun 2016 sudah terbentuk dan jalan, walaupun baru bergerak di dua ranting yang ada, tapi bisa mengumpulkan setidaknya satu juta lebih setiap bulannya, yang penggunaannya selama ini untuk nafaqah santri dan operasional rintisan pondok pesantren yang saat ini baru ada 3 (tiga) santri. informasi ini diperoleh dari Safari Ramadhan pada hari Jum'at 17 Juni 2016 di Masjid Jami' Muhammadiyah  Cakru.

Langkah yang sudah tepat ini perlu terus digalakkan dan digiatkan untuk bergerak di ranting-ranting yang lainnya, bahkan diperluas ke simpatisan maupun perusahaan yang ada di sekitar Cakru dan Kencong dengan berbagai program dan kegiatan yang lebih luas lagi. Karena selama ini, penggalangan infaq dilakukan dengan sistem menaruh "omplong" atau kaleng dimasing-masing rumah warga dan simpatisan Muhammadiyah.

Safari Ramadhan di PC. Muhamamdiyah Rowotengah
Sabtu, 18 Juni 2016 Safari Ramadhan Team Lazismu Jember kali ini menyasar ke PC. Muhammadiyah Rowotengah, Cabang Muhammadiyah yang berada paling  barat utara Kabupaten Jember dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang ini memang masih tergolong PC. Muhammadiyah yang "minim" anggota maupun kegiatan.

Kehadiran Team Lazismu Jember beserta perwakilan team PD. Muhammadiyah Jember diharapkan bisa memberikan semangat baru agar aktivitas dakwah Islam melalui Muhammadiyah semakin bergeliat dan semarak disini.

Penggalangan Zakat, Infaq dan Shadaqah di warga dan simpatisan Muhammadiyah di cabang-cabang Muhammadiyah se-Jember sebenarnya telah ada dan terbiasa dilakukan baik oleh pengurus/pimpinan Muhamamdiyah Cabang dalam momentum kegiatan tertentu, seperti Zakat Fitrah saat menjelang Idul Fitri, maupun Infaq dalam mengumpulkan dana untuk melaksanakan kegiatan ataupun membangun aset persyarikatan. Namun yang kurang adalah pengadministrasian, pengelolaan yang profesional dan sistemik dan istiqomah dalam menjalankan.

Selain itu, pengelola UPZ Lazismu di masing-masing Cabang Muhammadiyah akan lebih efektif dan memiliki progress lebih cepat apabila juga melibatkan organisasi otonomnya dari kalangan muda Muhammadiyah.

Hal ini selain untuk menguatkan sinergi Muhammadiyah bersama Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) juga merupakan proses regenerasi dan kaderisasi yang secara langsung menyentuh dilapangan. Sejatinya menguatkan dan membesarkan Dakwah Islam melalui organisasi Muhammadiyah tidak bisa lepas dari peran serta generasi mudanya, karena generasi muda adalah para pemimpin dimasa yang akan datang.

=====================================
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT WAQAF TUNAI dari LAZISMU Kabupaten Jember atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Abdul Khamil: SmS: 085236144757, WA: 082230343339
Safari Ramadhan Amil Zakat LAZISMU bersama Team PD. Muhammadiyah Jember (2) Safari Ramadhan Amil Zakat LAZISMU bersama Team PD. Muhammadiyah Jember (2) Reviewed by Lazismu Jember on Juni 23, 2016 Rating: 5

Related Posts No. (ex: 9)