Pemberdayaan Masyarakat yang Berkelanjutan

 


Jember - Memberi paling baik dan proporsional sejatinya tidak mesti habis saat itu juga atau dalam waktu sekejap. Namun, pemberian yang terbaik adalah yang mampu bertahan lama dan mampu menumbuhkan semangat kemandirian. Seperti yang telah Lazismu Jember laksanakan (03/09) dengan membagikan ayam kampung agar diberdayakan. Ayam kampung dipilih karena mampu bertahan hidup cukup baik dan adaptif terhadap lingkungan, sehingga pembudidaya yang masih awam dirasa tidak akan terlalu kesulitan.


Persiapan kandang ayam

Penerima manfaat ini bernama Saiful Bahri (46) beralamatkan di Dusun Kasmaran, Desa Bintoro Kecamatan Patrang. Dalam pantauan yang telah Lazismu Jember lakukan progres budidaya ayam ini sudah 50% jalan, mulai dari penyediaan kandang hingga persiapan pembelian ayam betina. 


Larva maggot

Ada cerita menarik ketika Lazismu Jember berkunjung untuk melihat perkembangan budidaya ayam kampung ini. Selain, akan membudidayakan ayam, Saiful Bahri juga sudah memulai mengembangkan maggot. Maggot merupakan larva lalat black soldier fly, yang makanannya sampah organik. Hal ini menjadi peluang baru dalam pembudidayaan karena selain bisa diprospek maggot ini untuk makanan hewan ternak seperti lele, burung dll, juga menjadi satu solusi efektif untuk mengurai sampah organik.


Tidak berhenti di situ, kotoran dari maggot juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk. Tentu ini menjadi peluang baru terciptanya pemberdayaan yang sustainability. Harapannya ke depan, Lazismu Jember akan terus menyuplai dan memonitoring pemberdayaan ini, goalnya jika penerima manfaat sudah bisa menjadi mentas dan mandiri maka akan dijadikan sebagai percontohan tidak hanya di lingkungan itu saja, juga di seluruh Kabupaten Jember.


Kandang lalat black soldier fly

"Ya bahasanya pemberdayaan akan terus kami dukung, sampai bisa mandiri dan menelurkan ilmunya ke pemberdayaan maupun desa binaan yang telah ada", tegas Abdul Khamil Kepala Kantor Lazismu. (yf)


Salurkan donasi Anda untuk pemberdayaan masyarakat:

Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737352
an. Lazis Muhammadiyah-IS


Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737368
an. Lazis Muhammadiyah Zakat


Bank Muamalat Indonesia (BMI)
Norek: 7310061875
an. Lazismu Jember


Konfirmasi via Whatsapp: 08113669188

Pemberdayaan Masyarakat yang Berkelanjutan Pemberdayaan Masyarakat yang Berkelanjutan Reviewed by Lazismu Jember on Oktober 10, 2020 Rating: 5

Related Posts No. (ex: 9)