Abu Bakar Ash-Shiddiq Sahabat yang Loyal dan Penuh Keistimewaan

(gambar : Ilustrasi sahabar Nabi SAW; Abu Bakar RA)

Kisah sahabat nabi yang pertama adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau merupakan salah satu sahabat nabi yang pertama kali masuk islam. Lahir di Mekah dengan nama Abdul Ka’bah. Setelah menjadi mualaf, namanya berubah menjadi Abdullah. Nama Abu Bakar sendiri diberikan oleh Rasulullah yang artinya "Bapak anak unta muda".

Abu bakar diangkat menjadi khalifah menggantikan Rasullulah yang telah wafat. Pada masa kepemimpinannya, Abu Bakar mempunyai peran penting dalam menyebarkan agama Islam di luar jazirah Arab seperti penyebaran ke arah utara di antaranya Iraq dan Syiria.

Abu Bakar memiliki banyak kemuliaan salah satunya karena loyalitasnya. Abu Bakar pernah melindungi Rasul pada saat terjadi serangan bertubi-tubi dalam perang Uhud. Selain itu, beliau memiliki kepiawaian saat berdiplomasi sehingga mampu menyelesaikan problematika termasuk saat kabilah-kabilah bangsa Arab enggan membayar zakat sepeninggal Rasulullah SAW.

Abu Bakar meninggal pada tahun 634 M di kota Madinah dan dimakamkan tepat di samping makam Rasulullah SAW. Dari kisah sahabat nabi ini, kita dapat meneladani loyalitas dan kerendahan hati Abu Bakar Ash-Shiddiq.


Abu Bakar Ash-Shiddiq Sahabat yang Loyal dan Penuh Keistimewaan Abu Bakar Ash-Shiddiq Sahabat yang Loyal dan Penuh Keistimewaan Reviewed by Lazismu Jember on Juli 06, 2020 Rating: 5

Related Posts No. (ex: 9)