Pelatihan Penyembelihan Qurban Syar'i kerjasama dengan PDHI Jatim VII

Pelatihan Penyembelihan Qurban Syari Halalan Toyyiban
Pelatihan Penyembelihan Qurban Syari Halalan Toyyiban

Ahad, 28 Agustus 2016. Lazismu Jember bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim VII dan didukung oleh MPKU (Majelis Pembina Kesehatan Ummat) PDM Jember serta PD. Pemuda Muhammadiyah Jember melaksanakan pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Syar'i yang Halalan Toyyiban di aula PD. Muhammadiyah Jember Jl. Bondoyudo 7 Jember, diikuti sebanyak 45 peserta dari berbagai kecamatan yang ada di Kab. Jember, kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kab. Jember.

Bahkan dalam sambutannya, drh. Sugiarto, M.Si selaku perwakilan dari Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan menyampaikan bahwa: "Kepala Dinas sedianya ingin hadir dan memberikan sambutan langsung, karena kegiatan yang di gagas oleh Lazismu ini sangat membantu Dinas untuk mensosialisasikan penyembelihan yang Halalan Toyyiban, namun dikarenakan bersamaan dengan kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, Kepala Dinas harus menemani beliau, namun tanpa mengurangi rasa hormat kami mewakili untuk memberi sambutan dan apresisasi serta berharap agar kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dan kerjasama yang akan dibangun dengan PDHI Jatim VII bisa terlaksana dengan baik".

Sekretaris PDHI Jatim VII yang juga merangkap sebagai Kepala Rumah Potong Hewan (RPH) Kaliwates yang merupakan RPH terbesar di Kab. Jember ini menyampaikan juga, "Apabila ada dari anggota pelatihan yang ingin melihat secara langsung proses penyembelihan yang halalan toyyiban sesuai standart pemerintah dan MUI bisa langsung hadir di RPH Kaliwates, namun mungkin baru bisa dilakukan pada tengah malam pada saat jagal melakukan tugasnya".
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang cukup kepada para jagal, panitia qurban maupun masyarakat yang ingin mengetahui teori dari penyembelihan hewan yang benar-benar sesuai dengan syar'i serta sesuai dengan standart Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah banyak diatur oleh Undang-Undang.

Materi kegiatan ini meliputi dari pengetahuan tentang penyakit menular hewan sebelum disembelih, Zoonosis (Penyakit menular hewan pada manusia), Kesejahteraan Hewan dan perlakuan hewan sebelum disembelih yang diisi langsung oleh drh. Hendri dan drh. Sugiarto, M.Si, serta pendekatan tarjih dan fiqih dalam Qurban oleh Ketua Majlis Tarjih Muhammadiyah, Dr. Safrudin Edy W., M.Ag, dan puncaknya diisi oleh praktisi JALIHA (Jagal Sembelih Halal), Fathur dari Rumah Potong Hewan (RPH) Kec. Balung.

MoU Lazismu Jember dan PDHI Jatim VII
MoU Lazismu Jember dan PDHI Jatim VII

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Lazismu Jember dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim VII dalam bentuk penggalangan Zakat, Infaq/Shadaqah, Qurban dan Waqaf serta tentang kesehatan hewan yang secara rinci akan dibuatkan juklak dan juknisnya lebih lanjut.

Salah satu dari tindaklanjut kegiatan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Halalan Toyyiban ini adalah akan dilaksanakan PRAKTEK: Tekhnik Merobohkan SAPI Qurban  dengan satu orang. serta bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan hewan ternak dan qurban di 130 Titik Qurban Jejaring Lazismu Jember.

Bersama untuk Aksi Sesama, MEMBERI untuk NEGERI bagi kemanusiaan.
==========================================================

DONASI TRANSFER ke 
Bank Syariah Mandiri (BSM)
an. Lazis Muh. Jember
ZAKAT: 7011737368
INFAQ: 7011737352
KEMANUSIAAN:  7011867671

==========================================================

Mari BERBAGI bersama KAMI, Tiada Henti MEMBERI untuk NEGERI
========================================================
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT ZISWQ
(Zakat, Infaq/Shodaqoh, Waqaf & Qurban) atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Abdul Khamil: SmS: 085236144757, WA: 082230343339
         
Pelatihan Penyembelihan Qurban Syar'i kerjasama dengan PDHI Jatim VII Pelatihan Penyembelihan Qurban Syar'i kerjasama dengan PDHI Jatim VII Reviewed by Lazismu Jember on Agustus 28, 2016 Rating: 5

Related Posts No. (ex: 9)